You are currently viewing Recycle Botol Plastik, Mahasiswa KKN ITSNU Pasuruan Ajak Warga Belajar Mengelola Limbah Daur Ulang

Recycle Botol Plastik, Mahasiswa KKN ITSNU Pasuruan Ajak Warga Belajar Mengelola Limbah Daur Ulang

Sukorejo, ITSNU Pasuruan
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Temarik (KKNT) Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITSNU) Pasuruan berusaha meningkatkan kapasitas masyarakat di Desa Lemahbang Kecamatan Sukorejo dalam mengelola sampah botol plastik.

“Sabtu (29/01/2022) kemarin kami mengundang Taufiq Saguanto. Agar menjadi teladan bagi masyarakat. Bahwa mengelola sampah itu menguntungkan,” tutur M Mujiono selaku Ketua Kelompok 4 KKNT kepada NU Pasuruan, Sabtu (05/02/2022).

Ia lalu menceritakan bahwa Taufiq Saguanto awalnya terinspirasi untuk mengelola sampah dari Televisi. Hingga akhirnya menjadi CEO of Hot Bottle Recycle Company dan pernah diundang sebagai pembicara di Kick Andy.

“Selain menjaga lingkungan. Mengelola sampah dapat menambah sumber ekonomi. Terlebih Kades (Kepala Desa) ingin hal itu menjadi branding desa,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dusun Telebuk, Selamet, menuturkan bahwa kegiatan itu dapat mengembangkan imajinasinya dalam mengelola sampah.

“Selain mengurangi sampah plastik. Sampah yang menjadi hiasan ruangan juga memiliki nilai jual yang tinggi, imbuhnya.

Untuk diketahui, kegiatan itu dilaksanakan di Balai Desa Lemahbang. Adapun peserta kegiatan adalah perwakilan dari setiap dusun dan pengelola Bank Sampah Bina Taruna Bintang.

Credit: ITSNU Pasuruan

Leave a Reply